Apakah Maag Bisa Sembuh Total dan Tidak Kambuh Lagi ?

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Maag adalah kondisi yang sering dikeluhkan banyak orang. Maag atau dispepsia adalah sebuah istilah yang menggambarkan perasaan perut penuh, tidak nyaman di bagian perut atas, sering bersendawa, mulas, kembung, dan mual. Berbagai cara pun dilakukan agar ini tidak kambuh, dari minum obat sampai mengatur makanan. Namun tetap saja maag bisa kembali terjadi lagi.

Sebenarnya, apakah maag bisa sembuh total selamanya?
Sebenarnya apa itu maag dan apa penyebabnya?

Maag merupakan kumpulan gejala dari berbagai kondisi yang berhubungan dengan masalah saluran cerna. Maag ini sebenarnya bukan penyakit spesifik, melainkan kumpulan gejala yang dirasakan ketika ada masalah dengan pencernaan.

Gejalanya seperti:
  • Kembung
  • Bersendawa
  • Mual dan muntah
  • Rasa asam di mulut
  • Perut terasa panas terbakar
  • Sakit perut
  • Perut terasa kepenuhan

Ada banyak penyebab yang membuat gejala maag di atas bisa terjadi. Mulai dari asam lambung naik, infeksi lambung, mengalami luka di usus atau lambung, pankreatitis, gastroparesis, intoleransi makanan, penyakit tiroid, keracunan makanan, dan Irritable Bowel Syndrome.

Selain karena penyakit, gaya hidup yang kurang sehat juga bisa memicu timbulnya gejala-gejala maag, seperti:

  • Kebiasaan makan terlalu banyak dan cepat.
  • Mengalami stres dan kelelahan
  • Terlalu banyak minum alkohol
  • Merokok
Lalu apakah maag bisa sembuh secara total?

Maag pada dasarnya bisa dihilangkan dengan obat antasida, atau bloker asam seperti ranitidine atau omeprazol. Obat-obat an tersebut mampu meredakan, tapi belum tentu membuat Anda sembuh total.

Apakah maag bisa sembuh total? Ini tergantung apakah penyebab maag Anda bisa diatasi hingga tuntas atau tidak. Jika penyebabnya dapat diatasi hingga tuntas, otomatis gejala maag pun akan hilang. Itu artinya, maag bisa saja sembuh total jika diobati sesuai dari akarnya bukan hanya menggunakan obat untuk meredakan gejala maag saja.

Gejala maag paling sering terjadi disebabkan karena asam lambung naik (GERD) atau ada luka (ulkus) di saluran cerna.
Operasi yang sukses dengan menjahit bagian atas lambung, atau mengencangkan otot bagian atas lambung bisa membuat asam lambung tidak naik lagi. Otomatis, gejala maag akibat GERD akan sembuh.

madu lambung attaubah

Supaya sembuh total, mulailah terapkan gaya hidup sehat

Namun perlu diperhatikan juga, apa yang menyebabkan GERD, ulkus, dan infeksi tersebut. Bila hal-hal di atas disebabkan karena kebiasaan kurang baik yang dapat menyebabkan hal tersebut seperti sering makan makanan pedas, asam, dan berlemak, atau sering minum kopi, maka Anda perlu mengubah hal tersebut. Bila tidak, kemungkinan besar masalah yang sama akan kambuh kembali.

Maka dari itu, selain mengobati penyebabnya dengan medis, diperlukan juga pengaturan makan yang tepat bagi orang yang mengalami maag agar lebih cepat sembuh total.
Diet tinggi serat adalah cara yang baik untuk membantu menyembuhkan kondisi sistem pencernaan. Diet ini akan memiliki efek membersihkan usus dan membuat pencernaan lebih lancar dan bersih. Buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran memiliki serat yang baik untuk melindungi saluran pencernaan.

Mengurangi makanan pedas atau berminyak, minum teratur juga akan membantu kelancaran proses pencernaan. Dengan diet yang tepat penyebab maag akan bisa disembuhkan dengan lebih cepat, sehingga gejala maag akan hilang lebih cepat dan tidak terulang lagi.

thibbun nabawi

Artikel Lainnya