Fakta Tentang Masuk Angin dan Cara Tepat Mengatasinya

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Masuk angin kerap kali menyerang di saat udara atau cuaca dingin. Tapi apakah kalian tahu bahwa fakta masuk angin bukanlah suatu penyakit seperti anggapan yang beredar di masyarkat Indonesia. Yang diaman ketika perut kembug, pegal pegal bahkan muntah dan pusing. Diakibatkan karena banyaknya angin yang masuk ketubuh kita.

Namun fakta masuk angin yang sesungguhnya timbul disebabkan karena menurunnya daya tahan tubuh. Sehingga virus menyerang daya tahan tubuh. Dengan menurunnya daya tahan tubuh menyebabkan timbulnya penyakit dengan berbagai gejala yang disebut oleh masyarakat sebagai masuk angin. Gejala yang umumnya dirasakan adalah demam, menggigil, sakit kepala, batuk, pilek, nyeri otot, nyeri perut, perut kembung, sering sendawa, sering buang angin, dan merasa lemas.

Apabila kalian sudah merasakan gejala gejala di atas ada baiknya kalian segera atasi gejala atas dengan beberapa hal seprti berikut :

  • Memperbanyak minum air putih, terutama pada kondisi muntah dan diare, untuk mencegah dehidrasi.
  • Minum air hangat. Cara ini dapat membantu melegakan gejala infeksi saluran napas. Air hangat bisa dicampur dengan madu atau jahe untuk lebih menghangatkan tubuh.
  • Beristirahat yang cukup. Hal ini penting dilakukan untuk membantu tubuh malawan infeksi.
  • Tidak merokok serta menghindari konsumsi kafein dan alkohol.
  • Sangat di anjurkan mengkonsumi herbal yang alami halal dan terbukti mampu meredakan gejala masuk angin seprti di atas.

Ada beberapa herbal alami yang sudah tebukti dapat meredakan gejala masuk angin di antaranya adalah :

Madu

Madu memiliki kalori gula dan dapat menyerap lemak dengan baik. Terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin. Yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah.

madu lambung attaubah

Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Dan seperti yang di sebutkan di dalam Al Quran tentang manfaat madu yaitu ( Surat An-Nahl : Ayat 69 )

Yang artinya :

“kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”

thibbun nabawi

Artikel Lainnya