Gejala Maag Kronis Bisa Mengakibatkan Kematian, Jangan Disepelekan

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Gejala maag kronis seringkali dianggap penyakit ringan, tak heran jika banyak yang mengabaikannya. Padahal, penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan berakibat fatal di kemudian hari.

Hingga hari ini, banyak masyarakat yang tidak paham mengenai penyakit maag. Umumnya maag hanya dianggap sebagai penyakit lambung yang disertai dengan rasa sakit di bagian kanan perut. Banyak orang yang menganggap sepele akan penyakit maag, karena biasanya penyakit maag bisa ditangani sendiri tanpa harus menemui dokter.

Padahal penyakit maag yang tidak mendapatkan penanganan yang serius bisa berkembang menjadi penyakit maag kronis. Tentu saja gejala maag ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya.

Sakit maag kronis yaitu adanya gangguan pada pencernaan yang disebabkan oleh peradangan pada dinding lambung. Peradangan tersebut akan muncul secara perlahan dan kemudian berkembang dalam jangka waktu yang lama.

Gejala Maag Kronis

Sebetulnya orang yang terkena penyakit ini sering tidak merasakan gejala sedikit pun sampai akhirnya ia didiagnosis. Tapi kamu harus waspada jika mengalami gejala seperti berikut ini:

  • Perut terasa kembung
  • Nyeri pada perut bagian atas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Berat badan menurun

Melihat gejala maag kronis di atas diharapkan kita harus selalu waspada, terlebih lagi jika gejala tersebut dibiarkan bisa mengakibatkan komplikasi, seperti:

1. Gastritis Astrofi

Gejala maag kronis ini adalah proses di mana kondisi sudah parah dan berkembang. Penyakit yang terbentuk ketika terjadi peradangan di dinding lambung yang membuat kelenjar pada lapisan dinding menghilang. Jika seseorang menderita Gastritis Astrofi, maka ia akan kekurangan vitamin B12 dalam tubuhnya.

2. Tukak Lambung

Gejala maag ini menimbulkan rasa nyeri pada lambung. Hal ini disebabkan oleh dinding lambung dan usus 12 jari yang rusak akibat peradangan atau luka.

3. Anemia

Gejala maag kondisi lambung yang semakin parah akan menyebabkan pendarahan hebat dan keluar banyak darah, sehingga bisa mengakibatkan anemia.

4. Kanker

Gejala kanker lambung bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati, merusak pencernaan dan lain-lain. Gejala maag kronis perlu diwaspadai karena sudah berubah menjadi kanker yang bisa saja menyebabkan kematian.

thibbun nabawi

Artikel Lainnya