Manfaat Dan Khasiat Susu Kambing Yang Perlu Anda Tahu

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Sudah banyak orang mengkonsumsi Susu dari berbagai macam jenis. Namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui khasiat dan manfaat mengkonsumsi susu kambing. Sudah banyak ahli dan praktisi yang mengungkapkan bahwa susu kambing memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi manusia terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Penelitian membuktikan bahwa kandungan nutrisi dan gizi yang ada pada susu kambing hampir sama dengan apa yang ada pada Air Susu Ibu (ASI). Namun, susu kambing juga kaya akan kalsium, asam lemak baik, dan menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Mineral yang terkandung susu kambing diantara adalah zincun (Zn), mineral alkaline, flourin, betakasein, asam amino, cynokobalamin, enzin xhantine oxydase, niasin, dan masih banyak lagi yang menjadikan susu kambing sebagai alternatif susu yang menyehatkan.

Kandungan Susu Kambing

Susu Kambing merupakan susu yang dihasilkan oleh kambing betina sesudah melahirkan. Dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang menampung banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambing biasanya dikonsumsi seperlunya saja, atau lebih sebab susu ini dianggap mampu menyembuhkan bermacam jenis penyakit. Susu kambing rata-rata banyak dikonsumsi di Timur Tengah sejak 7000 SM. Sedangkan, susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur dan hampir sama dengan ASI. Susu kambing terbaik adalah susu yang segar (raw goat milk). Susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus, yang diakibatkan oleh asam kaproat dalam susu kambing. Namun bau ini dapat di kurangi dengan memberikan pakan tambahan seperti akar som jawa.

Kambing peranakan etawah mempunyai komposisi susu yang terdiri atas kadar protein 3,6%, lemak 6,17%, bahan kering 15,49%, dan BKTL 9,32%. Komposisi susu ini dapat dipengaruhi oleh perbedaan pakan dan perbedaan waktu pemerahan. Pemberian pakan yang kaya akan omega -3 dan omega-6 terhadap kambing mampu meningkatkan kandungan omega-3 dan omega-6 pada susu kambing, dan diharapkan adanya kesimbangan rasio omega3 dan omega6 dalam susu kambing yang bermanfaat bagi kesehatan. Produksi susu kambing tidak nyata dipengaruhi oleh interval pemerahan, tetapi memiliki kecenderungan bahwa interval 16:8 jam menunjukkan produksi susu yang lebih tinggi.

Manfaat dan Khasiat Susu Kambing

Lalu apa saja manfaat dan khasiat susu kambing? mari kita simak bersama!

  1. Mengandung asam lemak esensial
    Susu kambing memiliki 35% asam lemak jika dibandingkan dengan 17% dalam susu sapi. Nutrisi dalam susu kambing lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi seseorang yang tidak toleran dengan lakotosa. Susu kambing bisa menurunkan tingkat kolesterol dan bekerja lebih baik bagi yang mempunyai masalah usus. Asam lemak antimikroba seperti asam kaprilat dan kaprat ditemukan melimpah dalam susu kambing.
  1. Bekerja sebagai agen metabolik
    Penelitian dan studi mengungkapkan susu kambing meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, khususnya bagi orang yang memiliki penyerapan dan pencernaan terbatas.
  2. Mempunyai anti-inflamasi alami
    Susu kambing dihomogenkan secara alami, dan gelembung-gelembung lemak dalam susu dengan mudah memisahkan diri atau jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Dengan kondisi tersebut, membuat pencernaan menjadi mudah serta gampang diserap tubuh. Orang dengan masalah usus menemukan jawaban yang efektif untuk mengatasi penyakit radang usus. Sifat probiotik dalam susu kambing mengdorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

  3. Merawat sistem pencernaan
    Susu kambing bekerja baik untuk orang yang sedang mengalami maag. Tak ada protein kompleks dalam susu kambing yang membuat risiko alergi berkurang dibandingkan susu sapi. Susu kambing memiliki kemampuan untuk merawat sistem saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar lebih efektif untuk anak-anak.
  1. Kaya akan kalsium
    Orang mengonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah keropos tulang. Namun, susu kambing pada dasarnya juga kaya akan kalsium dan asam amino triptofan. Manfaat susu kambing sangat banyak karena lebih sehat terutama ketika dikonsumsi saat mentah
  1. Menghindari penumpukan lendir
    Banyak orang yang melaporkan susu sapi membuat alergi dan rentan terhadap pernapasan. Namun ternyata susu kambing merupakan cara alternatif untuk mengobatinya. Lemak yang tinggi dalam susu sapi merupakan alasan penumpukan lendir. Gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing mempunyai setidaknya sepersembilan yang ada pada susu sapi. Karena itu, iritasi di usus bisa dihindari.

thibbun nabawi

Artikel Lainnya