Manfaat Temulawak Bagi Lambung, Sehat dan Alami

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Mengonsumsi temulawak dapat membantu menjaga kesehatan lambungmu. kali ini kita akan membahas bagaimana manfaat temulawak bagi lambung.

Tanaman rempah satu ini punya banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Di antaranya untuk mengatasi masuk angin, demam, menambah stamina, dan yang paling kita tahu adalah untuk menambah nafsu makan. Sewaktu kecil pasti kita sering diberi jamu temulawak oleh ibu jika sulit makan. Nah, itulah asalan mengapa kita tahunya temulawak hanya sebagai obat penambah nafsu makan.

Ternyata temulawak juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada lambung, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengobati maag

Maag merupakan penyakit umum yang sering diderita masyarakat. Penyebabnya sepele, yaitu dari makanan tertentu yang kita konsumsi atau akibat dari pola makan yang tidak teratur. Maag terjadi akibat meningkatnya kadar asam lambung yang membuat lambung mengalami peradangan. Maag juga ditandai dengan ciri-ciri seperti nafsu makan berkurang, kembung, mual, sering bersendawa, sering merasa lapar, dan nyeri pada perut.

2. Mengobati asam lambung

Manfaat temulawak berikutnya yaitu untuk mengatasi asam lambung. Asam lambung terjadi akibat makanan yang naik kembali ke esofagus atau kerongkongan. Hal ini berkaitan dengan otot esofagus yang tidak berfungsi dengan baik, di mana otot itu adalah pembatas kerongkongan dan lambung yang berfungsi sebagai pintu yang mencegah makanan agar tidak kembali ke atas. Perlu kamu ketahui bahwa maag dan penyakit asam lambung itu berbeda, walaupun penyababnya sama, berasal dari kelebihan kadar asam lambung. Maag hanya mengakibatkan radang pada lambung, sedangkan asam lambung terjadi akibat kadar asam lambung berlebih dan memungkinkan kembalinya ke kerongkongan. Inilah yang bisa mengakibatkan mual dan sakit di dada.
Jika kamu mengalami asam lambung, maka gejala yang akan kamu rasakan seperti nyeri dada, perut kembung, sering bersendawa, dada terasa seperti terbakar, nafas menjadi bau, dan terkadang mengalami batuk saat malam hari.

3. Menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada lambung

Temulawak juga bisa digunakan untuk mengobati kanker lambung. Kandungan kurkumin di dalamnya dipercaya mampu menghambat penyabaran sel kanker tersebut. Maka dari itu mengonsumi temulawak juga bisa digunakan menjadi obat alami untuk penyembuhan kanker lambung. Selain itu kurkumin pada temulawak juga bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan tumor, salah satunya tumor lambung.

4. Melancarkan saluran pencernaan

Seseorang yang mengonsumsi protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan tubuh yang memiliki metabolisme yang baik, maka secara otomatis saluran pencernaan juga akan berfungsi denan baik. Nah, jika kamu ingin seperti itu, mengonsumsi temulawak juga dapat memberikan manfaat tersebut. Sebab temulwak juga memiliki kandugan protein yang cukup tinggi.

Itulah keempat manfaat Temulawak yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsi temulawak secara rutin. Untuk cara mengolah temulawak ini kamu tinggal menyiapkan 1 rimpang temulawak yang telah dicuci bersih, kemudian iris tipis dan rebus dengan 4-5 gelas air. Setelah mendidih, tuangkan ke dalam gelas sambil disaring dan minum air rebusannya. Atau bagi kamu yang sulit untuk membuatnya, cukup cari saja tukang jamu atau membeli jamu temulawak yang sudah tersedia di tukang jamu.thibbun nabawi

Artikel Lainnya