Mengenal Ballooned Sigmoid Usus Dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Usus kita kenal sebagai organ pencernaan dimana penyerapan dan pembuangan melewati organ ini. Didalam usus terdapat berbagai macam jenis enzim dan bakteri. Ketika didalamnya terdapat ketidak seimbangan maka akan terjadi permasalahan didalamnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas permasalahan ballooned sigmoid usus.

Apa itu Usus?

Usus adalah bagian besar pada saluran pencernaan bawah, yang memiliki peranan penting dalam pencernaan dan menyerap nutrisi. Bentuknya panjang seperti tabung, namun usus memiliki dua bagian, usus kecil dan besar. Keduanya memiliki peranan yang sangat berbeda.

Usus kecil yang bertanggung jawab menyerap nutrisi dari makanan, dengan ukuran hingga 20 kaki dan terdiri atas tiga bagian. Di antaranya duodenum, jejunum, dan ileum. Sementara usus besar hanya berukuran 5 kaki, tapi diameternya besar sekitar 3 inci. Bertanggung jawab untuk menyerap air dari limbah tubuh. Dalam prosesnya, usus besar menghasilkan kotoran, yang keluar melalui rektum.

Ballooned sigmoid

Ballooned sigmoid adalah suatu permasalah usus dimana banyaknya sisa metabolisme tubuh yang mengendap. Sehinga terjadi penggelembungan pada organ usus dan terlihat pada perut kelihatan buncit.

Kondisi sperti ini akan mempengaruhi keseimbangan organ perut bagian bawah dan tulang belakang. Terkhusus bagian pinggang atau lumbar. Organ perut bagian bawah ini akan tertekan sehingga akan menimbulkan tingginya angin dalam tubuh dan melemahkan syaraf. Serta dibagian tulang belakang akan terdorong kebagian depan sehingga akan berpengaruh pada:

  • Kandung kemih atau prostat
    Kelemahan organ ini akan mudah berkemih semakin sering berkemih akan mempengaruhi kandungan air dalam tubuh. Kondisi inilah yang menjadi sumber permasalahan pada daya ingat dan konsentrasi.
  • Usus besar
    Melemahnya usus besar yang akan berpengaruh pada terlalu mudahnya BAB. Suatu kondisi penderita ketika habis makan akan berpotensi BAB. Faktor inilah yang akan merangsang panasnya tubuh sehingga penderita tidak kuat dengan suhu / cuaca yang panas.
  • Organ pinggang / ginjal
    Kondisi ini juga akan menekan pada organ ginjal. Terkhusus akan terlihat sekali adalah perubahan secara psikis yaitu mudahnya panik dan mudahnya gelisah.
Mengatasi Ballooned Sigmoid Usus
  1. Hindari makanan
  • Dingin;
  • Pedas;
  • Lemak hewani;
  1. Ramuan Herbal
    Semua kondisi diatas adalah kondisi yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu harus mendapat sebuah solusi herba yang mendinginkan dan menenangkan beberapa herba yang menenangkan antara lain:
  • Pala;
  • Temulawak;
  • Bangle;
  • Kemangi;
  1. Semua bisa diracik dalam satu racikan dengan bertujuan:
  • Meleburkan lemak dalam usus besarnya sehingga akan berpotensi menguatkan organ yang lemah serta mengecilkan perut yang ada.
  • Dalam herba tersebut juga bersifat menenangkan sehingga tidur berkualitas dan tidurnya dalam kondisi tenang, semakin tenang akan menghindari gangguan ngorok.
  • Racikan herba yang menguatkan sistem pinggang juga akan memberikan solusi atau berefek menenangkan dan menyejukkan .

Masya Allah ketika kita bisa meracik herba untuk mengatasi ballooned sigmoid usus, maka kesehatan sudah dihadapan kita. Tentunya kami dari herba attaubah membantu permasalahan ini dengan meracik dalam sebuah merk yaitu:

Madu yusron

Yang akan bekerja meluruhkan endapan usus besar yang menyebabkan besarnya perut serta akan memperbaiki kondisi organ sekitar perut dan menenangkan secara psikisnya. Biidznillah.

  • Minumlah Madu yusron
    2 sdm 3 x sehari sebelum makan
  • Sebagai herba untuk penenang
    3 sdm 3 x sehari sebelum makan. untuk program mengeluarkan lemak dalam usus.

 Semoga bermanfaat
Wallahua’lam

Oleh: Yudhani Herbattaubah

thibbun nabawi

Artikel Lainnya