Tanaman Herbal yang Bermanfaat dan Baik untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Jenis Tanaman Herbal
yang Bermanfaat dan Baik untuk Kesehatan

Sahabat sehat. Dilansir dari website kesehatan dan berbagai sumber. Rangkuman ada beberapa jenis tanaman obat yang bisa dikonsumsi karena bagus untuk kesehatan kita Loh. Yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Jahe
Salah satu tanaman obat yang paling terkenal adalah jahe. Jahe memang sangat populer di Indonesia karena ada banyak sekali khasiat yang dimiliki jahe. Seperti misalnya mampu mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi pusing yang disebabkan oleh vertigo, meringankan nyeri saat haid, meredakan nyeri sendi dan masih banyak lagi.

2. Kunyit
Seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa kunyit juga termasuk tanaman obat berkhasiat yang manfaatnya bahkan sudah dikenal diakui secara medis. Manfaat kunyit juga terkenal sangat baik untuk kesehatan. Diantaranya yaitu bisa menjadi anti radang dan antioksidan, menjaga kesehatan pada sistem pencernaan, menurunkan kadar gula dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan sebagainya.

3. Lengkuas
Lengkuas atau yang juga dikenal dengan nama tanaman laos ini mengandung zat yang baik untuk tubuh seperti galangin, flavonoid, vitamin A dan C, karbohidrat dan lain-lain. Sehingga lengkuas ini juga sering dijadikan obat herbal karena bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan peradangan, antioksidan, berpotensi sebagai antikanker, melawan segala infeksi, dan meningkatkan kesuburan bagi pria.

4. Kencur
Tanaman yang satu ini juga sangat populer sebagai tanaman herbal atau obat. Tanaman yang masih satu spesies dengan tanaman jahe ini juga punya banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Seperti misalnya melancarkan haid untuk wanita, masuk angin, radang lambung, flu, diare, sakit kepala dan menambah stamina tubuh.

5. Temulawak
Nah, tanaman obat yang satu ini sangat dikenal di dunia medis manfaat dan khasiatnya. Temulawak baik untuk mengatasi gangguan pada pencernaan, perut kembung, dan juga gangguan yang terjadi pada lambung. Bahkan temulawak juga sering dipakai sebagai bahan penambah nafsu makan.

6. Lidah Buaya
Tanaman hias yang juga menjadi tanaman obat ini juga bermanfaat baik untuk kesehatan. Lidah buaya mampu menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan di pencernaan, mengobati jerawat dan menjaga kesehatan mulut. Biasanya, lidah buaya ini digunakan untuk pengobatan luka pada kulit yang terbilang ringan. Namun, untuk ibu hamil dan menyusui dan anak-anak di bawah usia 12 tahun disarankan untuk tidak konsumsi lidah buaya secara langsung.

thibbun nabawi

Artikel Lainnya