INI DIA MACAM – MACAM KULIT DAN BERBAGAI MACAM MASALAHNYA ! SIMAK SOLUSINYA

Kita akan membahas mengenai masalah kulit dan sabun. Mengapa? Anda sebaiknya tahu bahwa menggunakan sabun mandi yang cocok dengan jenis kulit merupakan salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit. Tidak hanya asal wangi, pemilihan sabun mandi pun harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Terlebih bagi yang memiliki kulit yang sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak. Lantas, bagaimana cara memilih sabun mandi
yang aman dan sehat?
Perhatikan jenis kulit Anda.
1) Kulit Sensitif
Jenis kulit ini memang bisa dibilang sedikit “rewel” untuk masalah perawatan. Jika salah memilih sabun, bisa-bisa kulit justru iritasi. Untuk mencegah timbulnya iritasi, pemilik kulit sensitif sebaiknya menggunakan sabun mandi yang tidak mengandung pewarna dan parfum. Selain itu, pastikan sabun memiliki kandungan pH yang seimbang atau pH balanced. Anda butuh sabun yang mengandung bahan-bahan organik. Sabun yang memiliki bahan-bahan organik cenderung tidak memiliki bahan pengawet kimia sintetik yang berbahaya untuk mengurangi efek samping yang buruk bagi kulit.
Namun, ingat bahwa tidak semua kandungan dalam sabun khusus kulit sensitif cocok untuk Anda, karena jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Walaupun sudah banyak sabun untuk kulit sensitif beredar di pasaran, tetapi tidak menjadmin sabun tersebut langsung cocok untuk kulit seseorang. Bila ragu, maka perhatikan analisa berikut ini:

Diagnosa kulit sensitif:
• Penderita akan terlihat pada bibirnya tampak kering dan rambut berminyak. Hal ini menunjukkan seseorang mempunyai kulit sensitif, maka membutuhkan sabun non- parfum
• Penderita sering mengeluhkan sakit kepala bagian depan karena memang berhubungan dengan kelemahan lambung, untuk itu perlu tambahan nutrisi Madu Kuning Sehat Lambung

Hindari makanan daging yang sudah dimasak lebih dari 8 jam, daging yang sudah didinginkan dalam freezer, santan yang dipanaskan, dan kecap yang dibakar (gantilah kecap dengan madu).

2) Kulit Berminyak
Kulit berminyak adalah: sebuah masalah yang tiada akhir, jika tidak ditangani dengan tepat. Pasalnya, kulit berminyak membuat makeup mudah luntur, rentan berjerawat, bahkan jadi ingin mandi setiap saat karena merasa badan lengket dan berminyak.
Pemilik kulit jenis ini bisa menggunakan sabun anti-bakteri berbahan madu serta herba alami. Selain itu, pilihlah produk sabun yang tidak mengandung bahan kimia dan detergen, untuk menghindari iritasi dan minyak berlebih. Sabun mandi yang berlabel oil-free adalah: pilihan yang baik untuk membersihkan kulit wajah berminyak.
Gunakan solusi sabun wajah untuk perawatan ini. Hindari makanan instan baik kalengan atau yang diasinkan, minuman kemasan yang terkarbonasi atau teh botol, dan pola tidur terlalu malam.

3) Kulit Kering
Pemilik kulit kering sebaiknya menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembab. Anda bisa memilih sabun yang

mengandung madu karena madu memiliki khasiat melembabkan dan bisa menyerap air yang ada di udara. Kandungan tersebut membuat kulit Anda menjadi kulit lembab dalam waktu yang lama. Selain memilih madu, Anda juga dapat memilih sabun mandi yang mengandung bahan-bahan organik seperti: minyak zaitun, cocoa butter, lidah buaya, minyak kelapa, minyak jojoba, dan alpukat, jika kulit Anda kering.
Hindari juga pemakaian sabun berbahan deterjen atau anti- bakteri. Kedua bahan ini dapat mengiritasi kulit sehingga kulit cenderung meradang dan dapat mengurangi produksi minyak alami di kulit.
Selain memilih sabun yang cocok, pemilik kulit kering sebaiknya juga menghindari mandi dengan air hangat. Hindari juga makanan yang dibakar dan diasap.

4) Kulit Kombinasi
Karena memiliki kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus menggunakan produk yang berbeda-beda. Gunakan pembersih yang lembut dan mengandung madu. Pada area yang kering, Anda perlu menggunakan minyak herba siaga sebagai lotion. Sementara itu, Anda juga memerlukan sabun pembersih yang mengandung madu dan herba alami pada area kulit yang berminyak untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat di dada, punggung, atau bagian tubuh lainnya. Makanan yang perlu diperhatikan sama dengan kulit sensitif.

 

Artikel Lainnya