MENGENAL ANDROPAUSE PADA PRIA BESERTA SOLUSI HERBANYA

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Al-Hamdulillaahirabbil’aalamiin …

Pria pun demikian yang disebut dengan andropause, yaitu menggambarkan suatu kondisi dimana terjadi penurunan kadar tertosteron atau penurunan bioavailabilitas testosteron yang berhubungan dengan penuaan. Namun yang perlu ditekankan adalah menopause pada wanita berbeda dengan andropause pria. Pada wanita, ovulasi berakhir dan produksi hormon merosot dalam waktu yang relatif singkat. Pada pria, produksi hormon dan penurunan bioavailabilitas testosteron terjadi selama bertahun-
tahun dengan konsekuensi yang tidak jelas.
Gejala andropause sebagai berikut:
• Kekurangan energi dan cepat merasa lelah
• Libido rendah
• Disfungsi ereksi
• Berkeringat cukup banyak setiap malam
• Mood mudah berubah dan sensitif
• Depresi
• Bertambah berat badan meski nafsu makan berkurang
• Banyak rambut rontok
• Melemahnya daya ingat
• Denyut jantung yang tidak teratur
• Susah tidur atau insomnia
• Ginekomastia (pembesaran) puting payudara seiring
bertambahnya usia

Ketika seorang pria mengalami hal-hal di atas, artinya dirinya

mengalami ha-hal berikut:
1) Ketidakseimbangan Endokrin atau Endokrinologis
Dapat dilakukan diagnosa sekaligus melatih untuk memperbaiki ketidakseimbangan. Tangan akan memperlihatkan tanda-tanda berikut: Pertama, terasa lebih dingin. Kedua, terlihat pucat. Ketiga, terlihat tumpukan hitam (gelap) di tengah. Keempat, bulan sabit pada jempol hilang. Latihan yang dianjurkan adalah latihan fisik yang memperkuat pernafasan (lari, jalan terjal, beladiri, dan lainnya) dan latihan psikis (menembak dan memanah).

2) Masalah Hormonal
Masalah hormonal akan membuat kinerjanya memburuk dan kehilangan semangat di banyak aspek kehidupannya. Mereka mengalami mudah kelelahan sampai kehilangan memori. Banyak pria mengabaikan ini sebagai efek dari penuaan yang membuatnya tidak mencari pengobatan. Pada usia 40 tahun, hormon pertumbuhan hampir hilang setengahnya, dan pada usia 80 tahun hanya sisa beberapa persen saja.
Kekurangan hormon, menyebabkan tanda-tanda penuaan semakin terlihat. Pria haruswaspadaterhadap ketidakseimbangan hormonnya sebelum gejala tersebut memburuk.

Solusi
Bagaimana solusi agar pria terhindar dari andropause? Pertama, pola makan yang baik khususnya protein hewani. Kedua, pola pikir yang baik yakni rasa tenang, senang, dan nyaman. Ketiga, pola fisik yang baik dengan olahraga yang berkeringat dan berotot.
Herba anjuran dalam hal ini sebagai berikut:
✓ Madu Adam. Untuk pencegahan, minum 2 sdm, 2 x sehari. Untuk pengobatan, minum 3 sdm, 3 x sehari.
✓ Habbasy atau Habbapro untuk pencegahan: 3 kapsul, 2 x sehari.
✓ Gamat untuk pengobatan: 3 kapsul 3 x sehari.
✓ Madu lambung untuk pengobatan: 2 sdm, 3 x sehari.

✓ Minyak siaga. Untuk pencegahan, oleskan pada buah zakar sekali sebelum tidur. Untuk pengobatan, oleskan pada buah zakar setiap pagi dan malam.

Ingatlah bagi penderita, hindari makan buah terlalu sering dan tidurlah lebih awal, karena hal-hal
tersebut akan melemahkan. Minumlah oatmeal energi sebagai minuman energi karena mengangkat hormon dalam tubuh sehingga tubuh akan selalu siap ketika dibutuhkan.

Artikel Lainnya