STOP ! Jangan Minum Kopi Sebelum Tahu Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi terbilang salah satu minuman paling populer di dunia, salah satunya di Indonesia. Negara ini memiliki banyak jenis kopi yang tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia. Namun banyak dari penikmat kopi belum mengetahui manfaat kopi untuk kesehatan.

Sebagian banyak orang, manfaat kopi selama ini hanya dianggap sebagai penambah energi disaat menyambut hari, atau saat mengantuk. Sedangkan, banyak dari ahli penelitian yang menyatakan bahwa kopi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kopi murni yang dikonsumsi tanpa gula maupun susu, mengandung antioksidan yang tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Berikut ini adalah manfaat kopi untuk kesehatan yang berhasil kami rangkum semoga dapat memberikan pencerahan bagi pembaca.

1. Meningkatkan Memori

Meminum kopi hitam di pagi hari, ternyata dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan daya memori dengan cara menjaga otak tetap aktif. Saraf-saraf yang aktif akibat meminum kopi hitam, juga menurunkan resiko terkena penyakit demensia.

2. Membersihkan Perut

Kopi memiliki sifat diuretic. Sifat ini membuat kamu terkadang ingin buang air kecil. Disaat inilah, racun-racun dan bakteri dalam tubuh akan keluar dalam bentuk urin. Ini membantu kamu membersihan perutmu dari berbagai macam bakteri.

3. Melindungi Hati

Sebagian organ yang melakukan ratusan fungsi penting, kesehatan hati kamu tentunya harus dijaga. Sebab, banyak penyakit-penyakit mematikan yang menyerang fungsi hati seperti hepatitis. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan, orang yang minum empat cangkir atau lebih kopi hitam per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah terkena penyakit hati.

4. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein yang terdapat dalam kopi hitam merangsang sistem saraf , yang memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Dan juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah kamu. Penelitian yang dilakukan oleh bagian ilmu biomedis Universitas Luton menyatakan, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12 persen.

5.Meningkatkan Jumlah Antioksidan Dalam Tubuh

Manfaat kopi untuk kesehatan yang berikutnya bahwa kopi hitam merupakan pembangkit tenaga antioksidan. Kopi hitam mengandung Vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium, dan magnesium.

6.Mengurangi Stres Dan Depresi

Stres merupakan masalah terbesar untuk tubuh. Sebab, stres merupakan penyebab banyak masalah kesehatan yang serius. Tetapi meminum secangkir kopi hitam ketika kamu merasa tegang atau rendah dan dapat meningkatkan suasana hati kamu secara instan yang membuat segalanya menjadi lebih baik. Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter yang penting untuk meningkatkan suasana hati.

7.Membakar Lemak

Segelas kopi hitam dapat membantu kamu membakar lemak jahat yang ada di tubuhmu.

Kafein ditemukan di setiap biji kopi menjadi salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti dapat membantu pembakaran lemak. Penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi Universitas London menyatakan, kafein dapat meningkatkan metabolisme hingga 3 sampai 11 persen.

8.Membuat Perasaan Bahagia

Pada dasarnya hal yang terpenting di dunia adalah bahagia. Ini juga salah satu solusi terbaik untuk melawan depresi. Dengan menyediakan dua cangkir kopi hitam setiap hari untuk mencegah depresi.

Nah, lengkap sudah pengetahuan anda jika anda salah satu penikmat kopi. Rasanya ada yang belum lengkap jika anda belum mengetahui manfaat kopi untuk kesehatan.

thibbun nabawi

Artikel Lainnya