Jenis-jenis stroke

Jenis-Jenis Stroke dan Solusinya

Stroke merupakan sebuah kondisi terganggunya aliran darah ke organ otak. Terganggunya aliran darah, berarti suplai nutrisi dan oksigen ke otak berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan masalah pada sel-sel otak, bahkan dapat mengakibatkan kematian sel-sel tersebut.

Jenis-jenis stroke
Penggumpalan darah menghambat aliran darah ke otak pada Stroke Iskemik (Kiri). Pecah pembuluh darah di jaringan otak pada Stroke Hemoragik (Kanan). Gambar: www.scientificanimations.com

Apa Saja Jenis Stroke?

Berdasarkan penyebabnya, stroke dapat dikelompokkan ke dalam 2 (dua) jenis, yaitu:

  1. Stroke Iskemik, secara mudahnya disebut stroke hambatan, yaitu stroke yang terjadi ketika pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan atau terhambat oleh plak atau bekuan darah, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak sangat berkurang. Kondisi ini disebut juga dengan iskemia. Stroke iskemik dapat dibagi lagi ke dalam 2 jenis, di antaranya: stroke trombotik dan stroke embolik.
    Stroke trombotik terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di salah satu pembuluh arteri yang memasok darah ke otak. Pembentukan gumpalan darah ini disebabkan oleh timbunan lemak atau plak yang menumpuk di arteri (aterosklerosis) dan menyebabkan menurunnya aliran darah.
    Sedangkan stroke embolik terjadi ketika gumpalan darah yang terbentuk di bagian tubuh lain, umumnya jantung, lalu terbawa melalui aliran darah dan tersangkut di pembuluh darah otak, sehingga menyebabkan arteri otak menyempit. Jenis gumpalan darah ini disebut embolus. Salah satu gangguan irama jantung, yaitu fibrilasi atrium, sering menyebabkan stroke embolik.
  2. Stroke hemoragik, secara gampangnya disebut stroke berdarah, yaitu pecahnya pembuluh darah di otak atau sekitar otak. Stroke hemoragik terjadi ketika karena adanya perdarahan.

Apa Penyebab dan Solusi Stroke?

Seperti disampaikan sebelumnya, stroke dibagi dalam beberapa jenis, di mana setiap jenis mempunyai penyebab-penyebab dan solusi yang berbeda. Beberapa kondisi awal yang dapat menyebabkan stroke antara lain:

  1. Stroke trombotik disebabkan terganggunya fungsi tubuh karena terlalu lembap. Maka solusinya adalah dengan mengatasi kelembaban tersebut. Yaitu dengan rutin konsumsi Madu Kuning Sehat Lambung yang diseduh dengan air rebusan jahe dan kencur.
  2. Stroke embolik disebabkan oleh kelemahan dari panas lembap. Solusinya harus memperhatikan jenis makanan dikonsumsi, hindari makanan yang digoreng, dibakar, atau yang bersantan. Faktor utama permasalahan ini adalah kelemahan pada organ lambung yang melemahkan dada. Maka konsumsi Madu Kuning Sehat Lambung dan Kapsul Spirulina.
  3. Pecahnya pembuluh darah yang memicu terjadinya stroke hemoragik disebabkan kondisi hipertensi yang tidak terkendali, melemahnya dinding pembuluh, diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas. Solusi terbaik untuk stroke jenis ini adalah konsumsi Haviza.

Materi Herbalis Online

Materi Herbalis Online (MHO) adalah keilmuan Thibbunnabawi yang disampaikan oleh Ustad Dr. (H. C.) Yudha Setiawan, BSc., Msc.MED.. Baik yang beliau sampaikan melalui grup WhatsApp, audio maupun video yang ditayangkan oleh MHO TV. Dan diterbitkan ulang dalam website AttaubahCenter.com dengan tanpa memperhatikan kesesuaian waktu penerbitan.
Previous Post Pengobatan Asam Urat dengan Melihat Karakternya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Your Cart

Cart is Empty
Updating Cart!