Putus Asa Penyebab Hilangnya Akal Sehatmu

Bismillah
Alhamdulillah pada kesempatan hari ini kita akan mulai kembali membahas tentang penyakit jiwa yaitu : Putus asa

Perhatikan firman Allah Ta’ala
“Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”. (QS. 12:87)

Ada perintah tegas “Dan Janganlah Kamu” hal ini menunjukkan bahwa ketika kita berputus asa akan menjadikan diri ini keluar dari kebaikan.

Setiap diri yang berputus asa akan menyebabkan gangguan kegelisahan, ketakutan, marah, dan rasa tidak berguna. Fenomena ini terjadi sehingga banyak kasus gangguan jiwa jenis ini menyebabkan bunuh diri, nekat, merusak.

Kejadian ini memberikan kita makna bahwa jiwa yang rusak akan merusak aktivitas fisik

Anda berputus asa sama halnya Anda sudah tidak berakal lagi. Ingatlah, Saudaraku! Putus asa adalah keburukan yakinlah setiap ada kesusahan pasti ada kemudahan dan bertawakallah kepada-Nya.

Dr. (H. C.) Yudha Setiawan, BSc., Msc.MED
BACA JUGA

Mengapa saya tidak mendapatkan apa yang saya inginkan (berupa kesehatan)?

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahu, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. 2:216)

Mengapa ujian (penyakit) seberat ini?

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. 2:286)

Saya mulai frustrasi dengan ujian (penyakit) ini.

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. 3:139)

Bagaimanakah saya menghadapinya?

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.” (QS. 3:200)

Apa yang saya dapatkan dari semua ini?

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka,” (QS. 9:111)

Kepada siapa Saya berharap?

“Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Rabb yang memiliki ‘Arsy yang agung”. (QS. 9:129)

Ketika kita sudah sampai posisi tawakal dan keikhlasan dan penuh harap kebaikan dari-Nya ini posisi terindah dan engkau mendapatkan kesehatan yang dinanti insyaallah.

Putus asa akan menekan hati dan jantung. Mengapa? Karena dua organ ini akan panas yang sangat panas atau dengan bahasa lain kebakaran. Maka penting sekali untuk meleburkannya dengan herba yang mendinginkan.

Herba rujukan adalah:

  1. Madu Hutan Premium 2-3 SDM dan Susu Kambing 1 sachet 3X sehari,
  2. atau Kopi herbattaubah 1 sachet 3x sehari
Materi Herbalis Online

Materi Herbalis Online (MHO) adalah keilmuan Thibbunnabawi yang disampaikan oleh Ustad Dr. Yudha Setiawan, BSc., Msc.MED.. Baik yang beliau sampaikan melalui grup WhatsApp, audio maupun video yang ditayangkan oleh MHO TV. Dan diterbitkan ulang dalam website AttaubahCenter.com dengan tanpa memperhatikan kesesuaian waktu penerbitan.

Artikel Lainnya