ramuan kunyit

Menelisik Sejarah Ramuan Kunyit untuk Mengobati Asam Lambung

Sejarah tentang ramuan kunyit untuk mengobati asam lambung ternyata memiliki berbagai keunikan di dalamnya. Mulai dari berbagai varian ramuan dan banyak lagi hal unik lainnya yang akan kita bahas lebih mendalam pada kesempatan mendatang. Nah kali ini kita langsung pada pokok permasalahan yaitu asam lambung. Asam lambung adalah zat asam yang ada di dalam lambung. Masuk ke dalam golongan asam hidroklorat (HCl), zat ini berfungsi untuk membantu lambung dalam menghancurkan makanan menjadi lebih lunak dan ukuran yang kecil.

Asam lambung, adalah zat yang penting, tetapi bila intensitasnya tinggi, selanjutnya malahan dapat memicu masalah kesehatan antara lain, maag, maag kronis, hingga masalah yang lebih serius seperti tukak lambung.

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.
Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu, ramuan kunyit, atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Kimia Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa kimia aktif yang berkhasiat sebagai obat yang terdiri dari:
Minyak asiri (keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, felandren, sabinen, sesquiterpen alkohol dan sineil). Tumeron yang menyebabkan bau khas pada kunyit.
Senyawa Kukuminoid yang yang terdiri kurkumin, dimetoksi kurkumin, dihidrokurkumin, demetoksikurkumin, natrium kurkuminat, asam ferulat dan bisdemetoksikurkumin.
Mineral yang terdiri dari: zat besi, magnesium, kalsium, kalium, mangan, dan natrium.
Kandungan lain yakni arabinosa, fruktosa, glukosa, tanin, damar, dan pati.

Inilah Mengapa Kunyit Bisa Mengobati Asam Lambung. Sebuah studi dalam jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa orang yang pada masakannya mengandung satu sendok rempah kunyit, terbukti memiliki sistem pencernaannya lebih sehat.

Beberapa jenis makanan bisa membahayakan kesehatan lambung dan dapat mengikis dinding usus.
Senyawa yang terkandung pada kunyit bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung, dengan cara meningkatkan produksi lendir.

Cara Mengolah Ramuan Kunyit Untuk Asam Lambung

Bahan yang harus disediakan:
Sediakan 3 sampai 4 rimpang kunyit atau sekitar 20 gram
Sediakan 2 gelas air

Caranya:
Bersihkan kunyit tersebut, bisa disikat atau di kupas.
Parut kunyit yang sudah di kupas.
Lalu rebus dengan air dan biarkan sampai mendidih hingga airnya berkurang menjadi 1 gelas.
Terakhir peras dengan kain khusus atau alat pemeras.
Nah itulah manfaat kunyit untuk mengobati asam lambung, konsumsilah rebusan kunyit secara teratur jangan terlalu berlebihan, cukup konsumsi rebusan kunyit 2 kali sehari setiap minimnya 200 ml.

Previous Post 5 Makanan yang Bisa Kurangi Nyeri Ketika Asam Lambung Datang
Next Post Nyeri Pada Lambung? Kunyit Salah Satu Solusinya

Your Cart

Cart is Empty
Updating Cart!