MENGENAL PENYAKIT MUNTABER BESERTA SOLUSI PENCEGAHANNYA !

Bismillahirahmanirrahim…

Sahabat Sehat,
Kali ini kita Membahas tentang MUNTABER Sekaligus Peyebab Serta Pencegahanya,

Penyebab muntaber bermacam-macam. Namun, kondisi ini umumnya terjadi karena gastroenteritis atau peradangan pada saluran cerna akibat konsumsi makanan atau minuman yang tidak higienis. Langkah pencegahan dapat dilakukan agar terhindar dari muntaber.

Mengenali Penyebab Muntaber
Ada beberapa penyebab peradangan saluran cerna yang dapat memicu terjadinya muntaber, yaitu:

1. Infeksi virus
Infeksi virus menjadi penyebab muntaber yang paling sering terjadi. Beberapa jenis virus yang dapat menjadi penyebabnya adalah Norovirus, Rotavirus, Astovirus, dan Adenovirus.

Virus-virus ini dapat ditularkan melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi maupun kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi virus.

2. Infeksi bakteri
Ada berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan muntaber, di antaranya Escherichia coli, Vibrio cholerae, Clostridium difficile, Campylobacter, Shigella, Salmonella, Staphylococcus, dan Yersinia.

Bakteri tersebut dapat menyebar melalui makanan yang tidak dimasak hingga matang atau susu yang tidak dipasteurisasi. Bakteri kemudian masuk saluran pencernaan dan menginfeksi usus.

3. Infeksi parasit
Beberapa jenis parasit, seperti Entamoeba histolytica, Giardia, Crystosporidium, dan Cyclospora cayetanensis, juga dapat menginfeksi saluran cerna dan menyebabkan muntaber. Parasit ini dapat menyebar melalui konsumsi makanan atau minuman yang tidak dimasak hingga matang.

Selain infeksi kuman di atas, muntaber juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi lain, seperti:

Kehamilan
Intoleransi laktosa
Konsumsi makanan atau minuman secara berlebihan dalam satu waktu
Obat-obatan tertentu, seperti ciprofloxacin atau cefadroxil dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)
Muntaber dapat dialami siapa saja. Namun, orang yang daya tahan tubuhnya lemah lebih rentan mengalami muntaber, seperti anak-anak, lansia, dan penderita penyakit autoimun, seperti kanker atau HIV/AIDS.

Selain itu, penggunaan toilet bersama juga dapat memudahkan penyebaran kuman penyebab muntaber. Oleh karena itu, berbagai langkah pencegahan perlu dilakukan untuk mengurangi risiko penularan.

Berikut cara pencegahan muntaber

1.Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi secara cukup dan seimbang
2.Penggunaan air bersih untuk kegiatan sehari-hari terutama air minum
3.Mencuci tangan secara teratur untuk menghindari bakteri menempel pada tangan. Terutama sebelum dan setelah makan
4.Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
5.Rutin mengkonsumsi Madu Kuning Sehat Lambung Attaubah untuk asupan Nutrisi yang cukup, dan membantu meregenasi organ-organ pencernaan.

Artikel Lainnya